cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Action Research
ISSN : 25804790     EISSN : 25493272     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2019): August 2019" : 6 Documents clear
Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Samiati, Ni Wayan
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019): August 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.021 KB) | DOI: 10.23887/jear.v3i3.19474

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukawati di kelas XI IPS 1 Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Ekonomi masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS 1 semester II tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 67,43 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 72,43, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,76. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS 1 semester II tahun pelajaran 2018/2019.Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Prestasi. Belajar
Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Budiani, Nyoman Alit
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019): August 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.395 KB) | DOI: 10.23887/jear.v3i3.19475

Abstract

Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 Denpasar semester II tahun pelajaran 2018/2019 setelah diterapkan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 Semester II yang berjumlah 36 orang siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas X MIA 2 semester II di SMAN 1 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut ditunjukkan dari rerata pada siklus I sebesar 73,19 dengan ketuntasan klasikal 77,78%. Sedangkan rerata pada siklus II sebesar 86,25 dengan ketuntasan klasikal 91,67%.Kata Kunci: Model pembelajaran CIRC, Hasil belajar PPKn
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Patri, Ni Ketut
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019): August 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.218 KB) | DOI: 10.23887/jear.v3i3.21100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan menrapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebanyak 38 orang. Data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes dalam bentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Dilihat dari rata-rata prestasi belajar pada refleksi awal terjadi peningkatan pada siklus I dari 64,08 sebesar 9,87 (13,35%) menjadi 73,95 dengan peningkatan ketuntasan klasikal dari 60,53% meningkat sebesar 13,15% menjadi 73,68%. Dilihat dari perbandingan hasil post-test prestasi belajar pada siklus I dan siklus II  terjadi peningkatan sebesar 11,58 (13,54%) dengan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 15,79%. Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Prestasi Belajar
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Sandiasa, Ketut
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019): August 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.406 KB) | DOI: 10.23887/jear.v3i3.19221

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang berlangsung sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Abang tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini 30 orang siswa sebagai sumber data. Data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes dengan perangkat tes 15 butir. Data tentang motivasi belajar matematika dikumpulkan dengan metode kuesioner yang terdiri dari 10 butir.  Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan kriteria keberhasilan tindakan rata-rata hasil belajar matematika minimal 76,00% dan ketuntasan belajar minimal 85,00%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Pada observasi awal rata-rata hasil belajar matematika siswa 69,20 dengan ketuntasan belajar 50% meningkat pada siklus I menjadi 75,80 dengan ketuntasan belajar 66,70%. Pada sikklus II meningkat menjadi 87,10 dengan ketuntasan belajar 93,30%. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Untuk variabel motivasi belajar pada siklus I memiliki rata-rata sebesar 75,10 dengan kategori sedang, dan pada siklus II dengan rata-rata 87,10 dengan ketegori tinggi. Berdasarkan hasil analisis tampak bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 16,00% dari kualifikasi sedang menjadi kualifikasi tinggi.
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Elisabet, Elisabet; Relmasira, Stefanus C.; Hardini, Agustina Tyas Asri
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019): August 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.143 KB) | DOI: 10.23887/jear.v3i3.19448

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas V SD Negeri Gendongan 03 Salatiga 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral oleh C. Kemmis dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Gendongan 03 Salatiga dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode deskriftif komparatif dengan membandingkan hasil dari pra siklus sampai siklus II. Pada pra siklus persentase motivasi belajar siswa terdapat 44% dalam kategori sedang, sebanyak 56% dalam kategori rendah, kemudian secara bertahap meningkat menjadi 30% dalam kategori tinggi, 54% dalam kategori sedang, dan 16% dalam kategori rendah pada siklus I. Sedangkan pada siklus II meningkat sebanyak 83% dalam kategori tinggi, 11% dalam kategori sedang dan 5% dalam kategori rendah. Meningkatnya motivasi siswa dalam belajar juga berdampak pada hasil belajar siswa, dimana pada pra siklus memperoleh persentase 40%, dan meningkat secara bertahap dengan persentase 62% pada siklus I, sedangkan untuk siklus II meningkat dengan persentase sebanyak 81%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning mampu membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Kata kunci: motivasi, hasil belajar, Project Based Learning
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) Elisabet, Elisabet; Relmasira, Stefanus C.; Hardini, Agustina Tyas Asri
Journal of Education Action Research Vol 3, No 3 (2019): August 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v3i3.19451

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas V SD Negeri Gendongan 03 Salatiga 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral oleh C. Kemmis dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Gendongan 03 Salatiga dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode deskriftif komparatif dengan membandingkan hasil dari pra siklus sampai siklus II. Pada pra siklus persentase motivasi belajar siswa terdapat 44% dalam kategori sedang, sebanyak 56% dalam kategori rendah, kemudian secara bertahap meningkat menjadi 30% dalam kategori tinggi, 54% dalam kategori sedang, dan 16% dalam kategori rendah pada siklus I. Sedangkan pada siklus II meningkat sebanyak 83% dalam kategori tinggi, 11% dalam kategori sedang dan 5% dalam kategori rendah. Meningkatnya motivasi siswa dalam belajar juga berdampak pada hasil belajar siswa, dimana pada pra siklus memperoleh persentase 40%, dan meningkat secara bertahap dengan persentase 62% pada siklus I, sedangkan untuk siklus II meningkat dengan persentase sebanyak 81%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning mampu membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Kata kunci: motivasi, hasil belajar, Project Based Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 3 (2023): August 2023 Vol 7 No 2 (2023): May 2023 Vol 7 No 1 (2023): February 2023 Vol 6 No 4 (2022): November 2022 Vol 6 No 3 (2022): August 2022 Vol 6 No 2 (2022): May 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 6 No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 3 (2021): August 2021 Vol 5, No 3 (2021): August 2021 Vol 5, No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol 4 No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol 4 No 2 (2020): May 2020 Vol 4 No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 2 (2020) Vol 4, No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3 No 3 (2019): August 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol 3 No 2 (2019): May 2019 Vol 3 No 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 3 (2019) Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2 No 4 (2018): November 2018 Vol 2 No 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 2 No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol 1 No 3 (2017): November 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1 No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol 1 No 1 (2017): May 2017 More Issue